Kamera Untuk Vlog (Video Blog) Bagus dan Keren

266 Views 0 Komentar

Pas gajian kemarin saya membeli sebuah kamera baru, Sony Alpha 7 mark II namanya. Kamera ini secara resmi memenangkan pemilihan umum di hati saya, bukan melalui sebuah rapat pleno KPU melainkan hanya 5 detik menjelang waktu pembeliannya. Kenapa hanya 5 detik?

Yaa karena sebelumnya (bahkan ketika sudah terduduk di depan mas penjaga tokonya pun) saya masih dengan tekad bulat ingin membeli Fujifilm X-T2 yang tak kalah gaharnya. Sekedar informasi, Kamera Fujifilm X-T2 ini adalah target operasi yang sudah saya incar 2 bulan lamanya. Waktu nge-review, pengennya sih punya kamera yang bukan hanya bagus hasil jepretnya, melainkan juga sebuah kamera untuk vlog (video blog) yang juga keren hasil rekamnya. Karena itulah Fujifilm X-T2 masuk dalam radar. Nggak main-main, saya bahkan melibatkan seorang fotografer proffesional yang kebetulan menjadi agency iklan di kantor tempat saya bekerja. Dewo namanya.

Kamera Untuk Vlog

Nah, Si Dewo ini sebenarnya sudah menyebut Si Sony ini pada saat proses review berlangsung. Tapi you knowlah, layaknya agama saya fanatik banget ama Canon dan Nikon hingga melupakan bahwa di ranah mirrorless mereka belumlah apa-apa. Justru Si Sony lah raja di jagad mirrorless. Just for your info aja, Canon dan Nikon adalah kamera DSLR nomor wahid yang layak untuk dimiliki. Mas, apa itu DSLR atau Mirrorless? OK, saya akan jelaskan soal ini ditulisan saya berikutnya yaa! Sabar …

Salah satu point yang cukup menghabiskan waktu dan juga menguras tenaga adalah Nge-review harga. Harga Sony Alpha7 Mark II ini tidak bisa dibilang murah, meski bukan pula yang termahal. Pada saat saya nulis artikel ini, kamera ini dibanderol 24,5 Juta alias seharga motor sport keluaran terbaru. Harga tersebut sudah termasuk Lensa Sony E-Mount 28mm-70mm/f3,5.

Mungkin karena saya termasuk orang baik, dan kita semua tau kalau biasanya orang baik itu akan selalu dimudahkan semua urusannya (mulai ngawur iniih), pas saya beli kamera ini pas ada promo cash back 4,5 juta. Alhasil, saya hanya perlu ngeluarin duit sebesar 20 juta aja. Wah, Mas Yosie kaya banget yaa sampe bisa beli kamera seharga 20 juta?

Amien, udah didoakan menjadi orang kaya. Sekedar curhat, Kamera Sony ini adalah kamera pengganti dari Kamera DSLR saya sebelumnya Canon EoS 60D. Ceritanya untuk ngedapetin Si Sony ini saya jual dulu kamera canon saya plus 3 buah lensa dan aksesorisnya. Dari penjualan kamera lama inilah saya mendapatkan modal untuk membeli Si Sony. Tentu saja dengan menambahkan sedikit uang tabungan di koperasi. Adanya diskon cash back pembelian Si Sony inilah yang akhirnya membuat saya tidak harus merogoh kocek terlalu dalam. Kurang dari 5 juta bahkan, good deal donk!

Sampean pasti bertanya, ngapain pake diganti segala sich? kan Canon EoS 60D itu juga bagus! Alasannya adalah fleksibilitas. 60D itu meski bagus tapi bodynya cukup besar, belum kalau pake bawa seluruh lensanya! Pasti berat. Dan jujur saja, 60D saya lebih sering tinggal di rumah ketimbang saya bawa. Alasannya pun sama, yaa karena berat. Ngapain beli kamera kalau buat disimpan aja.

Nah, Si Sony ini agak berbeda. Simple dan lebih ringan meski lensa bawaannya juga cukup besar. Dan seperti yang sudah saya sebutkan diatas, saya pengen punya kamera untuk vlog yang hasil rekamnya sama bagus dengan hasil jepretannya. Nah kualitas video Si Sony ini sudah 4K dengan kemampuan jepret keren dalam kondisi minim cahaya (low light). Itu semua tidak saya dapatkan di 60D saya.

Agar temen-temen tau dan bisa membayangkan seperti apa penampakan dari Si Sony ini, berikut adalah pose cantik dari Kamera Mirrorless Sony Alpha7 mark II. Pengambilan gambar saya lakukan di Hotel Santika Cirebon -pas mau checkout- dalam sebuah perjalanan dinas kenegaraan (kantor maksudnya). For your info aja, semua gambar kamera dibawah ini saya ambil dengan menggunakan kamera HP saya, Lenovo Vibe Shot. Keren juga loh hasil jepretan si Lenovo iniih! Cekidot yach …

Kamera Mirrorless Sony Alpha7 mark II

This slideshow requires JavaScript.

welcome onboard Sony A7ii, please help me to shoot the world with your lenses.

Pendapat & Opini

%d bloggers like this: