Kuliner Khas Cirebon, Manjain Lidah dan Perut

329 Views 0 Komentar

Kuliner Khas Cirebon, itulah tema tulisan saya hari ini. Dalam sebuah tugas kantor ke kota Cirebon 27 April 2017 silam, saya menyempatkan diri untuk memanjakan lidah dan perut dengan kuliner khas kota ini. Seperti biasanya, saya pun meriset beberapa blog travel yang sudah saya kenal dan terpercaya dalam mengulas sebuah destinasi wisata.

Nah dari beberapa riset yang saya lakukan, ada beberapa lokasi yang layak teman-teman jadikan destinasi wisata ketika berkunjung ke kota ini. Salah satunya adalah Wisata Kuliner Khas Kota Cirebon.

Kuliner Khas Cirebon – EMPAL GENTONG, EMPAL ASEM, SATE KAMBING MUDA, dan ES DURIAN HAJI APUD

Kita akan mulai dari santap siang bersama rekan kerja di Restoran Empal Gentong & Empal Asemnya Pak Haji Apud. Di resto ini, selain Empal gentong dan Empal Asem, ada juga Sate Kambing Muda dan Es Durian yang melegenda. Konon kabarnya Es Durian di tempat ini bisa membuat hawa panas Cirebon mendadak Adem (lebay banget sih Mas …).

Kuliner Khas Cirebon; Empal Gentong & Empal Asem H. APUD

This slideshow requires JavaScript.

Tentang bagaimana sejarah Empal Gentong H. Apud dan segala sesuatu tentangnya, temen-temen bisa googling sendiri dengan kata kunci “Kuliner Khas Cirebon” yaa. Bukan karena saya nggak mau ceritain disini, tapi waktu kunjungan saya ke Cirebon kemarin terlalu singkat, alhasil tidak sempat buat interview ke pemiliknya langsung.

Nah, di resto H. Apud ini ada sedikit catatan dari saya terutama berkaitan sama Sate Kambing Mudanya. Daging satenya cukup empuk dan dalam beberapa moment rasanya mirip dengan Sate Ayam berbumbu kecap, saking empuknya. Apakah enak? Banget!

Kuliner Khas Cirebon; Sate Kambing Muda & Es Durian

This slideshow requires JavaScript.

Buat temen-temen yang punya riwayat medis kolesterol dan darah tinggi ada baiknya tetap berhati-hati, apalagi kalau hidangan penutupnya adalah Es Durian. Saya sendiri yang masih aman dari penyakit tersebut hanya menyantap 3 tusuk sate saja plus Es Durian karena perut sudah terlalu kenyang dan ingin menjaga biar nggak kena darah tinggi.

Kuliner Khas Cirebon; BUBUR SOP AYAM BANG KAPI

Atas rekomendasi seorang teman, malam harinya saya mengunjungi target kuliner berikutnya, bernama Bubur Sop Ayam M. Kapi. Terletak dikawasan jalan Tentara Pelajar berbentuk warung tenda yang dikemas PUJASERA (Pusat Jajanan Selera Rakyat). Selain bubur sop ada juga sate ayam plus minuman.

Bubur Ayam M. Kapi berisi suwiran daging ayam, kentang, bihun, sayuran, dan kacang kemudian disiram dengan kuah sop ayam. Siraman kuah sop ayam inilah yang membedakan bubur sop ayam khas Cirebon dengan bubur ayam lainnya.

Kuliner Khas Cirebon; Suasana Warung Bubur Sop Ayam Bang Kapi

This slideshow requires JavaScript.

Meski rasanya tetap enak, ada sesuatu yang membuat hidangan ini kurang nendang bagi saya. Bubur yang dipadu dengan kuah sop plus kuah bumbu (sepertinya taucho) tersebut agak kurang nge-blend. Menyantapnya berasa seperti makan bubur sendiri, sop ayam sendiri, plus kuah taucho sendiri, dalam satu mangkok. Mungkin karena lidah saya lebih familiar dengan Bubur Ayam Jakarta jadinya ketika bertemu dengan makanan bertema bubur lainnya selalu ngebandingin.

Temen-temen pasti ada yang nanya! Misalkan saya pergi ke Cirebon lagi, apakah saya akan mengunjungi tempat ini lagi? Sepertinya NGGAK!

Kuliner Khas Cirebon; NASI JAMBLANG BU NUR

Nah, kalau restoran ini memang sudah cukup punya nama di Kota Cirebon. Bisa dibilang, Nasi Jamblang Bu Nur sudah identik dengan Kota Cirebon. Bahkan ada yang bilang, jika kita belum mencicipi Nasi yang dibungkus daun jamblang ini, plus lauk cumi hitam dan jengkol balado maka kita DIANGGAP belum pernah berkunjung ke Kota Cirebon.

Kira-kira seperti apa sih penampakannnya? Lihat foto-foto berikut ini yach:

Kuliner Khas Cirebon; Nasi Jamblang Bu Nur

This slideshow requires JavaScript.

Satu-satunya catatan saya untuk restoran ini adalah jam buka-nya nggak nyampe malam. Pilihannya cuman makan pagi atau makan siang. Sementara sedari pagi pengunjung yang lapar sudah susah nyari parkiran, saking penuhnya. Soal rasa, jangan ditanya deh! #Mbrebes_mili pokoknya.

Ringkasan Bertualang Bersama Kuliner Khas Cirebon

Sebenarnya masih banyak destinasi wisata dan Kuliner Khas Cirebon yang recomended banget untuk dikunjungi. Hanya saja, karena kunjungan kali ini lebih bersifat kunjungan kerja ketimbang holiday trip, maka informasi kuliner adalah informasi tercepat dan termudah untuk dipublikasikan.

Terus pantengin blog saya yach!

Mas Yosie

Blogger | Pebisnis Online

Pendapat & Opini

%d bloggers like this: