Kunjungan Kerja Berbuah Inspirasi Positif

247 Views 0 Komentar

Ada nggak diantara sampean semua yang hari ini masih bingung mau bisnis apa? Atau ada nggak yang sudah semangat 45 mau bisnis, ternyata pilihannya MLM lagi, MLM lagi. Bukan bermaksud mendeskreditkan para pelaku bisnis MLM, tapi saya cuma ingin kasih info bahwa ada model bisnis selain MLM yang bisa sampean jadikan pilihan dalam mengais rejeki. Salah satunya adalah bisnis yang akan saya ceritakan pada momen Kunjungan Kerja ke supplier Selasa kemarin.

Ceritanya, Selasa kemarin saya berkunjung ke salah satu supplier online shop saya di sekitaran Palmerah Jakarta. Kunjungan berlabel “Kunjungan Kerja” alias “Kunker” tersebut adalah dalam rangka memenuhi undangan PT. Dusdusan Dotcom Indonesia untuk project bikin Vlog (video blog) tentang bisnis online yang nantinya – video tersebut – akan dibagikan secara gratis kepada hampir 30 ribuan resellernya di seluruh Indonesia.

Kunjungan Kerja & Inspirasi dari Dusdusan

Foto Kunjungan Kerja: Logo Dusdusan

Foto Kunjungan Kerja: Bersama Produk Dusdusan

Foto Kunjungan Kerja: Bersama Produk Dusdusan

Foto Kunjungan Kerja: Bersama Produk Dusdusan

Foto Kunjungan Kerja: Persiapan NgeVlog

Foto Kunjungan Kerja: Bareng Sang Pemilik

Foto Kunjungan Kerja: Selfie Bareng Habis NgeVlog

Supplier saya yang satu ini memang agak nyentrik. Kenapa kok nyentrik? Yaa ditengah maraknya kelas jualan online berbayar saat ini, Dusdusan malah secara sukarela dan gratis membagikan ilmu-ilmunya. Bukan cuma video tutorial, tapi ada juga video produk (unboxing), plus foto produk dengan kualitas yang cukup bagus yang bisa dijadikan senjata perang bagi para resellernya. Itu belum ditambah dengan konten positif dari para reseller lain yang sering kali menghiasi grup maupun fanpage. Kerennya lagi, ini semua dikelola oleh satu departemen khusus bernama Marketing Communication.

Dulu banget (sekitar tiga tahunan silam), supplier ini juga bikin heboh dunia bisnis dengan tidak memilih MLM sebagai model bisnisnya. Bukan apa-apa, hampir semua produk plastik dan rumah tangga saat itu akan sampai ke tangan konsumennya secara member get member. Kisah klasik seperti tutup poin, oknum member yang rekrut terus ngilang (hit and run), sampai cerita tentang DOWNLINE KERJA tapi UPLINE yang TAMASYA adalah curhatan umum mereka yang join belakangan. Itu semua nggak terjadi di Dusdusan. Coba deh sampean cari produk yang sistem jualannya nggak MLM? Susah kan? Tapi, bukan cuma soal MLM or nggak MLM yang membuat Dusdusan berbeda.

Menurut saya yang paling membedakan BANGET Dusdusan dengan supplier-supplier lain yang pernah kerja bareng saya adalah Dusdusan memiliki sistem Titip Dropship untuk menguasai jalur distribusi. Buat sampean yang biasa jualan online, pasti akan ngerti sekali betapa nggak teganya kita nyebutin ongkos kirim barang dari Jakarta ke wilayah Indonesia lainnya. Apalagi kalau beratnya lebih dari sekilo dan kirimnya ke Kalimantan atau Papua, #Mbrebes_mili cuy ngomongnya! Itu belum ditambah dengan kisah sedih dikomplain konsumen karena barangnya nggak nyampe-nyampe. Masih untung loh kalau sampean nggak dituduh nipu. Dulu saya kenyang banget dibilang NIPU …

Nah, di Dusdusan drama-drama macam itu udah jarang terjadi karena si supplier berkolaborasi dengan para reseller yang dipilih dan diseleksi berdasarkan kriteria tertentu untuk membantu reseller lainnya dalam mengirimkan barang secara dropship ke konsumen yang rumahnya masuk kategori pelosok. Meski belum menjangkau semua wilayah dan masih banyak yang harus diperbaiki, sistem TDS (Titip Dropship) ini terbukti mampu meringkus jarak dan waktu pengiriman barang ke beberapa sudut NKRI.

Nah, sekarang tinggal sampean maunya gimana. Mau jadi karyawan, monggo. Mau fokus di MLM silahkan. Mau nyambi bisnis online hayuuk. Atau jika memang serius, full time sebagai pebisnis online juga bukanlah pilihan yang salah. Salah itu kalau sampean diam dan nyerah sama keadaan. Masih bingung gimana cara memulainya, coba gabung ke Grup saya NGERUMPI & NGUPI ala CLEONIMA.

Mas Yosie

Blogger | Pebisnis Online

Pendapat & Opini

%d bloggers like this: