Jualan Keren dengan Status Facebook (Bagian-2)

248 Views 0 Komentar
jualan-keren

Pada bagian pertama, saya sudah menceritakan salah satu cara jualan keren yaitu mencari Teman Tertarget (kalau belum baca klik link berikut). Di bagian kedua ini, saya akan menjelaskan lanjutannya yaitu tentang gimana caranya menemukan teman-teman tertarget itu di jagad facebook.

KEUNTUNGANNYA, tips ini 100% gratis. TANTANGANNYA, meskipun gratis tips ini tidaklah mudah (terutama) dari sisi non teknis. Tips ini sangat membutuhkan kesabaran ketika mencari, meriset dan mempelajari. Udah gitu hasilnya nggak bisa langsung dilihat, alias kadang cepet kadang lambat. Terus terang saya sendiri kurang yakin Sampean bisa sabar dan istiqomah dalam menjalankannya.

Jualan Keren dengan Menjual Apa yang Dibutuhkan Konsumen

Kalau Sampean mau status jualannya banyak yang respon, sebaiknya buatlah status yang jualannya memang dibutuhkan. Contohnya gini, kalau temen FB sampean lebih banyak cowoknya, kemudian hampir semuanya adalah pegawai kantoran (kemungkinan) status jualan baju kerja (bisa jadi) lebih direspon ketimbang status jualan jilbab. Begitu juga sebaliknya, kalau lebih banyak muslimahnya (mungkin saja) status jualan hijab, gamis, dll yang lebih direspon.

Cara menemukan produknya pun juga relatif mudah. Kunjungi aja marketplace online besar Indonesia seperti Tokopedia dan Bukalapak. Cari dulu produk terlaris dengan kategori yang sesuai dengan daftar pertemanan sampean (misalnya: baju kerja, kemeja, dll), baru setelah ketemu produknya naikkan dulu harganya untuk kemudian dibikin status.

Jualan Keren dengan Menemukan Calon Pembeli yang Tepat

Gimana kalau Sampean sudah punya produk? Produk rumah tangga misalnya. Saya sangat sarankan Sampean bergabung kedalam beberapa Grup FB yang sesuai dengan kategori produk sampean tersebut. Carilah grup dengan kategori ibu-ibu seperti grup memasak, kuliner, parenting, dll. Bergabunglah kedalam grup tersebut, dan carilah postingan yang ramai interaksinya (like, comment, share). Mereka-mereka yang aktif dalam berinteraksi inilah yang bisa disebut sebagai calon teman tertarget.

Tambahkan mereka-mereka yang aktif berinteraksi tersebut sebagai teman FB Sampean. Ingat yaa! HANYA MEREKA yang aktif comment, ngelike dan nge-share aja, alias jangan semua member grup. Kenapa kok gitu? Karena batas maksimal pertemanan di FB itu hanya 5000. Jadi fokuskan (hanya) kepada mereka yang mungkin beli saja. Setelah mereka semua ngumpul dalam pertemanan Sampean, barulah bikin status dengan rajin.

Sekedar Informasi

Selama ini saya tidak pernah bikin status jualan di akun FB utama saya. Saya selalu menggunakan akun alternatif ketika jualan. Alasannya sih biar saya tetap bebas nyetatus apapun dan berteman dengan siapapun. Sementara di akun alternatif, saya bisa menjadi reseller, pedagang hijab gamis, atau bahkan penjual buku. Oo iya, kebetulan saya memiliki 6 akun alternatif khusus untuk jualan. Pertemanan di keenam akun tersebut pun sudah saya sesuaikan dengan kategori produk jualan yang saya miliki.

Hal yang juga tak kalah pentingnya adalah jangan pernah menerima permintaan pertemanan dari siapapun (teman-teman sampean misalnya). Pastikan akun tersebut rahasia serta Sampeanlah yang harus menambahkan pertemanan, bukan sebaliknya. Ini bertujuan agar daftar pertemanan yang Sampean miliki tetap tertarget (nggak campur aduk).

Terakhir, meskipun akun alternatif (jualan), bukan berarti isinya jualan melulu yaa. Tetaplah perbanyak sharing informasi, ilmu, dan hal berguna lainnya ketimbang jualan. INGAT, akun facebook sampean bukanlah katalog produk. Oke, tulisan ini akan saya tutup dengan sebuah video untuk melengkapi tips dan trik singkat diatas.

Mas Yosie

Blogger | Pebisnis Online

Pendapat & Opini

%d bloggers like this: